Krayon dan Buku Sketsa di Tangan Si Bungsu

Aslinya sih sama saja dengan anak-anak seusia lainnya. Paling sering memohon dibelikan mainan atau pernak-pernik warna-warni kerlap-kerlip yang menarik perhatian di sepanjang waktu mata berkelana. Bisa dari barang-barang yang dipajang di tempat-tempat perbelanjaan, dari barang-barang yang dijumpai di diri anak-anak sekitar, atau sekedar tertarik tayangan di layar kaca. Itulah bungsu saya. 🙂

 

Sekali waktu dia pingin punya pakaian ala Princess Sofia, salah satu tokoh serial kartun anak di layar kaca. Di waktu lain, dia minta dibelikan mainan persis seperti yang dimiliki teman sekolahnya.

Tapi kami, orang tuanya, hampir tak pernah memenuhi keinginan-keinginannya yang itu. Bukan semata demi mengajarkan supaya tidak manja, segala keinginan bisa dengan mudahnya dipenuhi, tapi karena keinginan yang demikian kurang mengajarkan kreativitas. Pakaian dan mainan itu cenderung membuatnya jadi pasif, hanya bisa mengagumi, menikmati, dan saat nanti sudah bosan, dicampakkan begitu saja.

 

Kami lebih senang mengajaknya untuk berbelanja alat-alat tulis, gambar dsb. Persis seperti yang kami biasakan ke abangnya dulu.

Maka beberapa hari lalu, saat dia kembali memohon-mohon untuk dibelikan mainan, kami mengajaknya ke toko alat-alat tulis di pasar. Kami bebaskan matanya berpesta dengan sekian banyak pilihan perlengkapan gambar dan mewarnai. Sepuasnya. Sampai akhirnya dia putuskan ingin punya yang mana. Satu set krayon dengan 60 warna, berikut alat raut dan pelindung jari supaya tidak berlumuran warna. Plus satu buku sketsa ukuran A3 dengan jumlah halaman 100 lembar.

 

Ini, adalah salah satu hasil karyanya.

IMG-20150119-00248

 

 

“Waktu adzan Maghrib, langitnya biru tapi dua. Ada muda, ada tua. Ga lurus. Belok-belok warnanya. Karna langitnya biru, rumput-rumput yang berdiri ikut biru. Yang ga biru cuma mesjidnya. Abu-abu. Karna hari udah agak gelap. Sebenernya sih, warna mesjidnya putih.”

Begitu ceritanya. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: