Semoga bermanfaat…

Mengartikan kata pasrah, betul jika segala sesuatunya ‘terserah’ kehendak Allah. Tapi pasti bukan karena kita manusia lantas berpangku tangan menunggu nasib, menunggu datangnya rezeki.
Hari-hari yang kita jalani harus penuh dengan bekerja. Memutar otak, membanting tulang, menimba ilmu, dan menghasilkan karya.

Tapi mengartikan itu semua bukan lantas berkontradiksi dengan pasrah. Karena bekerja dsb bukan berarti tidak pasrah. Justru, dengan bekerja, kita mensyukuri nikmat Allah. Karena Dia sudah begitu pemurah dengan memberi kita umur (panjang). Sudah begitu penyayang dengan memberi kita kesempatan berpikir dan berkarya.

Kita bekerja sekuat tenaga pun bukan karena hendak memaksakan keinginan agar dikabulkan Allah. Tapi lebih kepada berterimakasih telah diberi banyak bekal hidup yang bisa dimanfaatkan tuk kebaikan dunia, bahkan akhirat.

Kenikmatan dunia identik dengan materi, dengan uang. Subhanallah, ada begitu banyak uang yang Allah sebarkan di bumi ini. Untuk apa? Untuk kita manfaatkan tentu. Untuk kebaikan umat.
Tapi uang tidak datang begitu saja. Uang datang sebagai penyeimbang kerja. Semakin keras kita bekerja, bisa semakin deras uang datang. (Hingga lantas terjadi pergeseran makna bekerja, bergeser pula manusia memaknai uang. Sangat disayangkan 😦 )

Sesungguhnya, bukan uang yang jadi tujuan dari bekerja. Tapi uang bisa jadi pengukur, sudah seberapa keras kita bekerja. Sebagai layaknya dunia materi yang kita tinggali saat ini, mengukur dengan uang bisa saja dilakukan. Bukan karena berpikir dan berlaku bak penganut aliran materialis, tapi semata karena barometer tersederhana adalah uang, materi.

Jadi mari bekerja keras, sekuat tenaga kita, sebagai wujud dari syukur kita kepada Allah. Sebagai bagian dari ibadah.
Biarkan uang mengalir sebagai pengukurnya. Biarkan pula uang melimpah di tangan kita. Selama kita bekerja, itu hal yang biasa.
(Kecuali jika uang mengalir tanpa ada kerja! Naudzubillah…)

Kita makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan.
Jadi, kita punya uang karena bekerja, bukan sebaliknya 🙂

http://www.dbc-network.biz/?id=junizar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: