Waktu… sekali terjadi, tak akan terulang…

Seorang kerabat mengirim cerita ini…

“Seorang dokter yang bertugas di sebuah desa sedang berkeliling ke rumah warga. Ia terkesan oleh kepandaian dan keramahan seorang anak perempuan berumur 5 tahun yang menyambut kedatangannya dengan ramah. Tak lama ia menemukan jawabanya, saat ibu anak itu sedang sibuk di dapur mencuci piring-piring dan perkakas dapur yang kotor. Si anak datang kepadanya sambil membawa sebuah majalah.

“Bu…, apa yang sedang dilakukan pria dalam foto ini…..?” tanyanya.

Sang dokter tersenyum kagum ketika melihat ibu anak itu segera mengeringkan tangannya, duduk di kursi, memangku anak itu dan menghabiskan waktu selama sepuluh menit untuk menerangkan serta menjawab berbagai pertanyaan buah hatinya. Setelah anak itu beranjak pergi, sang dokter menghampiri ibu itu dan berujar, “kebanyakan ibu tidak mau diganggu saat ia sedang sibuk. Mengapa ibu tidak seperti itu?”

Dengan senyum si ibu menjawab, ” Saya masih bisa mencuci piring dan perkakas kotor selama sisa hidup saya, tetapi pertanyaan-pertanyaan polos putri saya mungkin tidak akan terulang sepanjang hidup.”

——

Dan saya terdiam lama setelah membaca cerita itu. Terbayang sekian banyak komunikasi saya dengan anak-anak yang terputus karena ketidakpedulian saya akan keingintahuan mereka. Segala pertanyaan yang seharusnya bisa menambah pengetahuan mereka, mendekatkan mereka dengan alam semesta, bahkan menjadi penyebar semangat hidup, terlewat begitu saja tanpa jawaban yang jelas. Yang ada hanya ‘nanti, ibu sedang sibuk’ atau ‘ssstttt, diam dulu’ 😦

Maafkan ibu yaaaa…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: